Tuesday, March 7, 2017

DASAR-DASAR BERMAIN DOTA 2


Cara memenangkan sebuah game

Tujuan utama dalam bermain DOTA 2 yaitu adalah untuk menghancurkan ancient (Pusat kerajaan) musuh. Yang manakah ancient itu? ancient itu terletak dekat dengan fountain. Ancient adalah seperti gambar berikut. Apabila salah satu dari ancient itu sudah hancur, maka tim yang ancient nya hancur kalah, ancient dilindungi oleh beberapa towers. Lalu apa itu fountain? yaitu tempat awal kita respawn, fountain memiliki attack tersendiri yang kuat dan dapat membunuh siapapun dengan cepat, maka dari itu apabila ada musuh yang berani masuk ke fountain, dia akan segera mati, meski begitu musuh dapat tetap masuk ke fountain dalam keadaan tertentu.

Lane


Lane adalah jalanan-jalanan menuju tim musuh, di Dota 2 terdapat 3 lane yaitu top, middle dan bottom atau atas, tengan dan bawah. Apabila anda berada di tim radian, top adalah hardlane/offlane dan bottom adalah easylane/safelane, namun apabila anda berada di tim Dire maka top adalah safelane anda dan bottom adalah hardlane anda. Strategi dasarnya biasanya adalah 2 hero atas, 1 tengah dan 2 bawah. Pada awal game atau early game anda dapat memilih dimana anda akan berada, anda bisa juga berpindah tempat kapanpun untuk membantu teman anda. Tujuan berada di lane ini adalah untuk push atau mendorong creeps dan tim untuk menghancurkan tower di setiap lane, selain itu sebenarnya kita berada di lane ini adalah untuk mendapatkan XP dan Gold, nah untuk mendapatkanya itu anda membutuhkan farm atau membunuh creep-creep musuh. Setiap lane memiliki 3 tower dan 2 barracks. Nah kalo bisa kita nyicil (jangan langsung melawan tower Tanya ada creep di dupant) untuk menghancurkan tower-tower tersebut. Pada awal game memang hero-hero akan menuju lane-lane dengan formasi 2 1 2, namun terkadang ada hero yang tidak melakukan farm di lane namun di jungle atau hutan.

Perlu diketahui middle lane atau lane tengah adalah lane untuk hero-hero yang dapat membantu lane atas atau bawah, karena di midlane biasanya hero solo atau sendiri maka dia akan mendapatkan XP lebih cepat dibanding lane-lane lainya, maka dia dapat membantu lane lain dengan mudah. Perlu juga diketahui bahwa midlane adalah lane yang harus bertanggung jawab, karena apabila anda gagal farm di mid maka akan dapat membuat tim kalah.

XP dan Gold

XP atau experience dan gold sang at berpengaruh pada suta game, ini bisa anda dapatkan dengan banyak cara. XP adalah point yang akan memberikan anda level, setiap level anda akan dapat mempelajari kekuatan baru. Sedangkan gold adalah uang untuk membeli item (teratoma pada hero carry). Nah XP ini akan didapat setiap kali ada unit musuh (creep, hero dll) yang mati dekat dengan anda yaitu berjarak 1300 radius dari hero anda. Sedangkan gold akan anda dapatkan setiap kali anda last hit atau membunuh creep atau hero saat terakhir, menjadi hero yang hit dari sebelum sampai mati. Anda juga dapat meng-deny experience musuh dengan deny creep (membunuh creep sender), hal ini akan membuat musuh menjadi lambat dalam naik level.

Last hit


Untuk menjadi seorang pemain DOTA 2 terutama carry yang baik tentu anda harus jago dalam last hit, setiap hero memiliki damage dan attack speed yang berbeda, maka untuk meng-hit creep agar last hit tidak mudah dan memerlukan kepekaan tersendiri. Agar mudah anda tidak perlu hit creep sama sekali, tetapi hit hanya saat darah creep sudah terlihat sangat sedikit, dan perkirakan attackspeed dan damage apakah cukup atau tidak. Anda juga bisa spam klik kanan dan spam tombol S di keyboard agar bisa pas dan mengurangi animasi. Disamping merupakan video panduan last hit (English)


Tipe-tipe hero 

Di DOTA 2 ini hero memiliki 3 tipe yaitu Agility, Strength dan Intelligence. Agility adalah tipe hero yang memiliki keahlian pada kecepatan menyerangnya (attack speed) dan armor, tipe ini biasanya adalah tipe yang kuat diakhir game (late game). Strength adalah tipe hero yang biasanya kuat healthpoolnya lebar dan regenerasi darah atau hp lebih cepat, tipe ini biasanya adalah hero yang dapat mendapat banyak damage dan membiarkan musuh menargetkan dirinya atau biasa disebut tanker. Intelligence adalah tipe untuk hero yang lebih banyak menggunakan kekuatannya maka dari itu mereka memiliki manapool lebih lebar dan mana regen lebih cepat, tipe ini biasanya adalah hero support yang membantu tim dan mempunyai spell-spell yang menyakitkan. Setiap hero memiliki semua atribut, namun ada primary atributte yaitu atribut utama.

Setiap hero memiliki point atribut yang berbeda-beda, setiap poin akan menambah satu damage dan stats yang dimiliki, misalnya hero dengan primary agility memiliki attack speed 0.2/s, 2 armor dan 10 damage, lalu dia membeli item yang menambah stats (+agility) misalnya +10agility, maka attack speed menjadi 0.8/s, 4 armor dan 20 damage. 

  • Untuk Strength, setiap poinya menambah 19 health untuk hp maksimum dan menambah 0.03hp/detik. Apabila strength adalah primary attribute, maka setiap 1 poinya menambah 1 damage
  • Untuk Agility, setiap poinya menambah 0.14 armor dan menambah 1 attack speed. Apabila agility adalah primary attribute, maka setiap 1 poinya menambah 1 damage
  • Untuk Intelligence, setiap poinya menambah 13 mana untuk mana maksimum dan menambah regenerasi 0.04/detik. Apabila Intelligence adalah primary attribute, maka setiap 1 poinya menambah 1 damage

Role atau tugas

Role adalah suatu posisi atau tugas dari hero. Beirut merupakan role-role di Dota 2 :


Carry
Carry adalah role untuk hero-hero yang lemah diawal, kuat diakhir game. Carry sangat membutuhkan items dan level, jadi mereka memang sangat membutuhkan farm untuk mendapatkan XP dan gold. Carry ini kekuatanya ada di attack dan attackspeednya, jadi yang dia butuhkan adalah damage. Dikarenakan oleh hal ini maka memang kebanyakan carry adalah hero agility yang kekuatanya berada di attacknya. Ability atau kekuatan atau skill yang dimiliki hero tipe ini biasanya adalah skill yang bukan untuk membunuh melainkan untuk melemahkan musuh dengan melambatkan, stun, disable dan sebagainya, sedangkan untuk membunuh musuh yaitu dengan attack nya (klik kanan). Meski begitu skill juga dapat digunakan untuk membunuh.
Support
Support adalah role yang biasanya tugasnya adalah membantu tim. Hero support tidak membutuhkan banyak last hit, melainkan menjaga carry untuk last hit di awal game. Hero support biasanya adalah hero intelligence yang lebih menggunakan skillnya daripada attacknya. Apabila anda menggunakan hero support belilah courier, observer ward, sentry ward, dust of appearance, smoke of deceit, gem of true sight. Perlu diketahui bahwa support tidak begitu membutuhkan item, berbeda dengan carry yang sangat bergantung pada item. Maka dari itu support tak butuh last hit. Apabila anda akan membeli item tetapi tim membutuhkan sesuatu, dahulukanlah sesuatu untuk tim itu. Yang sangat penting adalah di game awal atau early game cobalah untuk selalu deny dan jangan ambil last hit sama sekali, kecuali sedang sangat dibutuhkan. Juga apabila anda ranged hero cobalah untuk selalu hit hero musuh agar mereka kesulitan dalam farming.
Nuker
Hero ini adalah hero yang dapat membunuh hero dengan menggunakan skillnya dengan cepat, hero ini biasanya dapat membunuh hero sendiri tanpa bantuan. Hero seperti ini biasanya memiliki skill untuk disable dan skill dengan damage besar
Disabler
Hero yang memiliki role ini adalah hero yang dapat mengganggu musuh, bisa dengan membuat lambat, stun, menghilangkan untuk sementara dan sebagainya. Hero yang dengan role ini biasanya juga membeli item untuk mebambah disablenya
Jungler
Role ini adalah role untuk hero-hero yang dapat farm dengan membunuhi neutral creep di hutan saat game masih awal. Hero dengan role ini biasanya memiliki skill tertentu yang membuatnya tidak mudah mati saat farm di hutan, contohnya hero ini dapat summon unit, dan neutral akan menyerang unit bukan pada hero, maka ia akan dapat bertahan selagi farm
Pusher
Hero dengan role ini adalah hero yang dapat dengan mudah menghancurkan tower dan memusnahkan lane creep dengan cepat. Biasanya mirip dengan hero jungler yaitu mereka memiliki skill untuk summon unit agar dapat membantunya menyerang tower dan creep. Hero seperti tentu membutuhkan cara untuk kabur dengan cepat, biasanya memiliki skill untuk kabur dengan cepat.
Durable
Durable bisa kita sebut juga tanker adalah hero-hero yang memiliki health pool tebal, dan termasuk sangat kuat. Hero-hero seperti ini biasanya adalah hero strength.
Escape
Hero yang memiliki role ini biasanya memiliki skill untuk kabur dengan cepat, hero seperti ini cocok untuk menyerang sampai jauh.
Initiator
Hero initiator biasanya memiliki skill untuk memulai pertarungan, misalnya stun, atau sesuatu yang memperlambat musuh, skillnya mirip dengan disable
Lane support
Hero ini umumnya support, namun yang membedakan mereka lebih baik dalam menjaga carry untuk farm/lasthit di lane saat early game.

2 comments: